Minggu, 10 Januari 2021

Perawatan dan Perbaikan di Industri Pesawat



Bekerja di atas pesawat adalah tempat yang berbahaya. Mario Pierobon berbicara dengan produsen peralatan keamanan Inggris terkemuka. Setiap tahun, Eksekutif Kesehatan dan Keselamatan (HSE) Inggris Raya (Inggris) menerima laporan tentang pekerja di industri penerbangan yang melukai diri sendiri setelah jatuh dari ketinggian.


Ini termasuk insiden yang terjadi selama perawatan pesawat saat masuk atau keluar dari pesawat dan bekerja pada atau dari peralatan servis. Yang jelas kecelakaan paling serius cenderung terjadi selama perputaran pesawat, di mana peningkatan aktivitas diperlukan karena tekanan waktu.


Regulasi Industri Pesawat

Pendiri dan direktur pengelola solusi akses pesawat dan produsen peralatan pendukung darat di Semmco, Stuart McOnie, memahami bahwa pemberi kerja dalam industri perawatan pesawat wajib mematuhi peraturan terkait Peralatan Perlindungan Pribadi dan keselamatan kerja di ketinggian.


Yakni, mereka harus mematuhi peraturan lokal atau nasional yang sama dengan pemberi kerja di semua sektor lainnya. “Misalnya, di Inggris Raya, Work at Height Regulations 2005 menampilkan undang-undang yang mewajibkan pengusaha untuk menyediakan 'jenis peralatan yang tepat untuk bekerja di ketinggian', yang akan mencakup tangga akses dan platform di sektor penerbangan”, katanya.


“Pelanggan dan pengguna akhir kami menghormati Inggris, Eropa dan standar internasional lainnya saat membeli peralatan, dan mengharapkan Semmco sebagai produsen untuk memasok peralatan yang memenuhi standar yang benar. Ini adalah tanggung jawab yang kami tangani dengan sangat serius. "


PPE dan pencegahan keamanan di ketinggian

Pemeliharaan pesawat dapat menjadi pekerjaan besar, yang melibatkan proses produksi yang signifikan, atau pemeriksaan dan perbaikan kecil di antara penerbangan.


“Dalam setiap kasus, penting bahwa manajer teknik atau operasi memastikan tim teknisi dan teknisi pemeliharaan mereka diperlengkapi dengan tepat untuk semua tugas yang mungkin diperlukan, termasuk bekerja di ketinggian. Pengusaha dan manajer sama-sama perlu memahami bahwa bahkan jatuh dari ketinggian yang relatif kecil dapat mengakibatkan cedera yang signifikan, kehilangan produksi, atau denda, ”kata McOnie.


Keadaan saat ini mengenai penggunaan Peralatan Perlindungan Pribadi dan pemeliharaan keselamatan di ketinggian, tindakan pencegahan di lingkungan perawatan pesawat sedemikian rupa sehingga sebagian besar operator menggunakan sistem penahan jatuh, termasuk sistem pegangan sayap, untuk memastikan kerja yang aman di ketinggian.


Namun, dalam beberapa kasus, mereka menggunakan peralatan sistem baja yang lebih tua, yang lebih berat untuk dipindahkan dan dapat menyebabkan masalah penanganan manual yang potensial.


“Meskipun demikian, operator membuat pilihan sadar untuk melindungi karyawan mereka sebanyak mungkin dan mereka melakukannya dengan mengharuskan pekerja untuk mengenakan APD lengkap, termasuk sepatu keselamatan, sarung tangan, dan kacamata,” kata McOnie.


"Teknisi dan teknisi kami harus mengenakan alat pelindung diri (APD) yang sesuai untuk dipasang di hanggar klien dan beberapa operator meminta pernyataan metode lengkap sebelum masuk ke hanggar."


Promosi keamanan

Saat ini, industri penerbangan memiliki berbagai akses dan peralatan pendukung darat yang memungkinkan para insinyur pesawat terbang untuk melakukan pekerjaan pemeliharaan mereka dengan aman. Namun, desain dengan mengutamakan pengguna dan pembuatan dengan bahan berkualitas bermanfaat untuk memaksimalkan keselamatan. Ini termasuk kemudahan pengoperasian dan pemosisian, membatasi penanganan manual dan meningkatkan efisiensi.


“Kami percaya bahwa selalu ada banyak hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan keselamatan tim di seluruh industri. Pelanggan dan pemasok bertanggung jawab untuk bekerja sama dalam menyediakan produk yang berfokus pada keselamatan yang lebih fleksibel, yang bila digunakan secara konsisten dan benar, memastikan keselamatan pribadi teknisi yang bekerja di sekitar pesawat, ”kata McOnie.


“Setiap pabrikan harus memahami apa yang perlu dicapai oleh tim perawatan pesawat, sehingga produk dapat dirancang dengan mempertimbangkan persyaratan keselamatan, fleksibilitas, dan tugas. Kebutuhan pelanggan harus dipertanyakan terkait proses keselamatan mereka dan diingatkan bahwa mungkin ada cara yang lebih aman untuk melakukan sesuatu daripada yang selalu mereka lakukan, membuat mereka berpikir tentang kemungkinan untuk meninjau metodologi keselamatan mereka. ”


Memang, maskapai penerbangan terus meningkatkan armadanya untuk memenuhi permintaan penumpang dan pesawat baru sedang bertahap dengan persyaratan perawatan baru, seperti mempertahankan wifi di akses mahkota. “Ini berarti lebih banyak tugas yang harus diselesaikan dalam jumlah waktu pemeliharaan yang sama, menghasilkan perputaran yang ketat,” kata McOnie.


Prosedur keselamatan adalah proses yang terus berubah dan selalu ada ruang untuk perbaikan. “Kami mendorong praktik kerja yang memerlukan teknisi untuk melakukan lebih sedikit tugas penanganan manual, tetapi beberapa tugas mengharuskannya; penanganan roda besar dan berat masih menjadi masalah dan kami bekerja sama dengan pelanggan untuk mengembangkan solusi terbaik demi keselamatan optimal, ”kata McOnie.


“Kami sangat sadar akan kesejahteraan pekerja dan melindungi mereka dari potensi bahaya yang mungkin mereka hadapi di tempat kerja. Kami ingin membuat peralatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perawatan dan Perbaikan di Industri Pesawat

Bekerja di atas pesawat adalah tempat yang berbahaya. Mario Pierobon berbicara dengan produsen peralatan keamanan Inggris terkemuka.  Setiap...